Karikatur Cinta | |||||||||||
Emha Ainun Nadjib | |||||||||||
Budayawan | |||||||||||
[Kolom, Gatra Nomor 15 Beredar Senin, 20 Februari 2006] | |||||||||||
PERGOLAKAN tingkat dunia yang diawali karikatur Jyllands-Posten mungkin | |||||||||||
akan berlangsung lebih lama, jauh dan mendalam dibandingkan dengan yang | |||||||||||
kita bayangkan, kita analisis dan perhitungkan. Ia bukan sekadar ''lagu | |||||||||||
pop'' tentang Islamofobia, ''iman'' demokrasi dan hegemoni tafsir atas | |||||||||||
term terorisme. | |||||||||||
Mungkin juga lebih dari sekadar asumsi tentang rasa seteru dolar | |||||||||||
terhadap euro, desain global penguasaan atas bumi yang sedang tiba pada | |||||||||||
''bantingan kartu'' tertentu di samping tahap-tahap scheduling | |||||||||||
kartu-kartu lain sejak glasnost dan perestroika yang | |||||||||||
''mendemokratiskan'' Uni Sovyet, kemudian Afghanistan, Irak, mendung | |||||||||||
berarak sekilas-sekilas di angkasa Suriah dan Iran, kemudian juga | |||||||||||
Indonesia: yang pilihan kartunya lain dari yang lain. | |||||||||||
Lebih dari sekadar peristiwa politik, ideologi, dan kebudayaan: bisa | |||||||||||
jadi skala waktu yang melatarbelakangi karikatur itu adalah peradaban | |||||||||||
yang cukup panjang. Denmark bukan Britain yang punya pengalaman | |||||||||||
pergaulan dan apresiasi terhadap Islam berabad-abad lamanya. Denmark | |||||||||||
adalah salah satu bagian dari wajah gemerlap Skandinavia yang sangat | |||||||||||
percaya pada tingkat tinggi kedewasaan demokrasi yang telah dicapainya. | |||||||||||
Salah satu ''ayat'' utama demokrasi, yakni kebebasan ekspresi, yang | |||||||||||
secara khusus dimanifestasikan oleh kebebasan pers sehari-hari, | |||||||||||
dijunjung sedemikian rupa sehingga tidak bisa dibayangkan bahwa agama, | |||||||||||
nabi, kitab suci, atau Tuhan akan dihormati melebihi kebebasan ekspresi. | |||||||||||
Dan di puncak keindahan bebasnya ekspresi itu, jika seseorang harus | |||||||||||
menyusun kalimat, menggubah lagu, menggoreskan lukisan, atau menggambar | |||||||||||
karikatur --maka tema primernya, untuk situasi mutakhir dunia yang | |||||||||||
sangat direpotkan oleh terorisme, dan itu diidentikkan dengan Islam-- | |||||||||||
tak ada lain kecuali ungkapan kejengkelan, rasa sebel, mungkin sampai ke | |||||||||||
tingkat benci, kepada Islam. "For the sake of freedom of expression," | |||||||||||
kata Jyllands-Posten, "the only thing expressed by the cartoons, | |||||||||||
however, was contempt for Muslims." | |||||||||||
Ludah | |||||||||||
Dalam sebuah peperangan, menantu Muhammad SAW, yakni Ali ibn Abi Thalib | |||||||||||
--yang di samping seorang teolog, spiritualis, budayawan, ahli strategi | |||||||||||
sosial, pendekar bela diri yang tak terkalahkan dalam olah pedang, juga | |||||||||||
seorang ilmuwan yang disepakati oleh semua ulama sebagai pemilik | |||||||||||
''puncak kefasihan'' atau nahjul-balaghah-- berhasil mengalahkan | |||||||||||
lawannya. Ali berhasil memukul pedang lawannya hingga terlempar, | |||||||||||
kemudian menjatuhkannya dan menudingkan ujung pedang itu di leher | |||||||||||
lawannya. Ia tinggal menusukkannya, dan itu tidak melanggar HAM atau | |||||||||||
disebut pelaku kekerasan, sebagaimana ribuan tentara Belanda dulu mati | |||||||||||
di tanah air kita sama sekali bukan karena menjadi korban gerakan | |||||||||||
kekerasan bangsa Indonesia. | |||||||||||
Namun tiba-tiba lawannya yang tergeletak itu meludahi wajah Ali. Ali | |||||||||||
kaget, mengusap lelehan air ludah di wajahnya, terdiam sesaat, kemudian | |||||||||||
menarik pedangnya dan beranjak pergi meninggalkan lawan yang dengan satu | |||||||||||
gerakan kecil bisa dibunuhnya. Tatkala seseorang bertanya kepadanya | |||||||||||
kenapa ia malah pergi dan bukan membunuh musuhnya padahal diludahi | |||||||||||
segala, Ali menjawab: "Karena aku diludahi, maka timbul amarah dan rasa | |||||||||||
benci di dalam hati saya kepadanya. Karena itu, saya meninggalkannya, | |||||||||||
karena betapa marahnya Tuhan kepada saya kalau saya membunuh lawan saya | |||||||||||
itu disebabkan oleh amarah dan kebencian." | |||||||||||
Tidak perlu ada pameran tentang kearifan, kebesaran jiwa, atau kemurnian | |||||||||||
nilai dari peristiwa Ali itu, karena setiap manusia dalam sejarah | |||||||||||
masing-masing sudah dibekali Tuhan akal, kecerdasan, kepekaan rohani, | |||||||||||
dan pemetaan nilai-nilai. Tetapi mungkin perlu ada transfer fakta bahwa | |||||||||||
Ali adalah menantu seorang yang setiap kali dipaksa melakukan | |||||||||||
peperangan: ia selalu menyusun strategi yang tujuan utamanya adalah | |||||||||||
meminimalkan korban di kedua pihak. Sehingga, pada seluruh peperangan | |||||||||||
yang pernah Muhammad SAW alami, keseluruhan korban di bawah 500 orang. | |||||||||||
Jika Engkau Memaafkan | |||||||||||
Ada seorang teman bernama Abdullah ibn Ubay, yang kerjanya tiap hari | |||||||||||
--benar-benar tiap hari: mengejek Muhammad SAW, menyindir-nyindir, | |||||||||||
melecehkan, dan menghinanya. Itu berlangsung sepanjang hidup Muhammad | |||||||||||
SAW. Atas keadaan ini, bikinlah sayembara: siapa pun yang bisa menemukan | |||||||||||
satu kata saja balasan ejekan atau hinaan dari Muhammad SAW, apalagi | |||||||||||
kemarahan dan tindakan kekerasan --boleh diambil dari bahan sejarah yang | |||||||||||
mana pun, dari buku hadis, sunah Rasul maupun sirah Rasul-- mari kita | |||||||||||
urunan untuk memberi hadiah kepada yang bisa menemukannya. Termasuk tak | |||||||||||
ada satu kata buruk pun dari mulut Muhammad SAW atas orang-orang kampung | |||||||||||
Thaif yang mengusirnya dan melemparinya dengan batu hingga berdarah. | |||||||||||
Allah sendiri memberikan acuan moral yang jelas kepada setiap orang yang | |||||||||||
dianiaya. Ia secara yuridis berhak melakukan hal yang sama, tak boleh | |||||||||||
lebih, kemudian dikunci oleh-Nya dengan keindahan: "Jika engkau | |||||||||||
memaafkannya, itu lebih baik di hadapan-Ku." | |||||||||||
Muhammad SAW adalah manusia jelata (ia menolak menjadi mulkan-nabiyya | |||||||||||
atau nabi yang raja, dan memilih menjadi 'abdan-nabiyya, yakni nabi yang | |||||||||||
rakyat jelata) yang amat sengsara selama hidupnya, juga disengsarakan | |||||||||||
sesudah matinya, bahkan sampai berabad-abad sesudah itu. Fitnah dan | |||||||||||
kesalahanpahaman publik adalah menu utamanya. Panjang rumahnya 4,80 cm, | |||||||||||
lebarnya 4,62 cm. Allah tak mengizinkannya sekadar untuk punya satu anak | |||||||||||
lelaki, kecuali si Qosim yang diambil oleh-Nya kembali di masa | |||||||||||
kanak-kanaknya. Menantunya dibunuh orang. Kedua cucunya juga. Cucu | |||||||||||
pertamanya diracun oleh istrinya sendiri, ketahuan olehnya, ia | |||||||||||
memaafkannya, kemudian besok paginya diracun lagi dan meninggal. Cucu | |||||||||||
yang kedua bukan hanya dibunuh, tapi kepalanya diseret dengan kuda | |||||||||||
sejauh ratusan kilometer, sehingga kuburannya di dua tempat. | |||||||||||
Muhammad SAW amat suka kambing bakar, khususnya kaki depan sebelah kiri. | |||||||||||
Dan kaki itulah yang dipanggang oleh Zaenab, seorang wanita Yahudi, | |||||||||||
dilumuri racun dan disuguhkan kepada beliau. Tubuh Muhammad SAW panas | |||||||||||
parah karena itu, dirawat di rumah Maimunah, tapi kemudian beliau | |||||||||||
meminta pindah opname di rumah Aisyah. Sebab Maimunah masih familinya | |||||||||||
sendiri, sehingga orang-orang yang bukan keluarganya tidak bebas | |||||||||||
membesuk beliau. Dengan pindah ke rumah Aisyah, maka semua golongan, | |||||||||||
parpol, ormas, lain agama dan aliran, punya peluang yang sama untuk | |||||||||||
menjenguk beliau. | |||||||||||
Mencicipi Kesengsaraannya | |||||||||||
Ini orang menjahit pakaiannya sendiri, menambal sepatunya sendiri, | |||||||||||
selama hidupnya tidak pernah makan kenyang tiga hari berturut-turut | |||||||||||
kecuali selalu ada hari-hari kelaparan. Istrinya tidak pernah bisa | |||||||||||
seminggu penuh menyuguhkan makanan secara sempurna kecuali selalu ada | |||||||||||
saat-saat panjang yang tak ada apa pun yang bisa disiapkan di meja makan | |||||||||||
rumah tangga mereka. | |||||||||||
Jika di malam hari salat tahajud terlalu lama di masjid sehingga pulang | |||||||||||
terlambat, suami yang kalau bersuara selalu lirih dan kalau berjalan | |||||||||||
selalu menundukkan muka ini merasa pekewuh untuk membangunkan istrinya, | |||||||||||
sehingga tidur beralaskan kayu di depan pintu rumahnya. | |||||||||||
Tentu semua gambaran kemelaratan itu bukanlah melankoli kesengsaraan. | |||||||||||
Tapi fitnah yang menimpanya sepanjang sejarah mungkin takkan | |||||||||||
tertanggungkan oleh siapa pun lainnya. Salah satu puncak kesengsaraan | |||||||||||
Muhammad SAW terkandung di balik salah satu statemennya yang penuh | |||||||||||
kedalaman duka: "Al-Islamu mahjubun bil-Muslimin." Islam ditutupi oleh | |||||||||||
kaum muslimin. Entah sedikit, entah sejumlah, entah banyak, entah | |||||||||||
kebanyakan --perilaku kaum muslimin bukan hanya tidak merepresentasikan | |||||||||||
Islam, lebih dari itu bahkan menutupi Islam. Menutupi itu melenyapkan, | |||||||||||
meniadakan. | |||||||||||
Beribu kali saya terlibat dalam forum massa, umum maupun kaum muslimin, | |||||||||||
dan yang terindah adalah tatkala forum itu diberi judul "Memetik | |||||||||||
Kesengsaraan Rasulullah". | |||||||||||
Beberapa kawan menanyakan, apakah saya tidak tersinggung atau marah atas | |||||||||||
karikatur di Denmark itu. Dengan sangat hati-hati saya memberikan | |||||||||||
beberapa jawaban: dengan segala keburukan dan kehinaan, saya ini amat | |||||||||||
amat amat mencintai Rasulullah Muhammad SAW. Ia manusia yang paling | |||||||||||
mencintai Allah dan paling dicintai Allah: bagaimana mungkin ada satu | |||||||||||
molekul dari hidup saya yang tak berisi cinta kepadanya. Kadar cinta | |||||||||||
saya kepada beliau membawa saya naik mabuk di atas mabuk, melayang lebih | |||||||||||
dari segala melayang, meringkuk lebih dari segala meringkuk, bahkan jauh | |||||||||||
melebihi kehidupan dan kematian saya. | |||||||||||
Segala hinaan, ejekan, lecehan, dan cercaan, sampai tingkat sebrutal apa | |||||||||||
pun, tak akan mengurangi kadar cinta saya, 1 cc-pun. Cinta kepada | |||||||||||
Rasulullah memenuhi jiwa dan hidup saya, sehingga cinta saya kepada | |||||||||||
keluarga, khalayak, bangsa, negara, dan umat manusia: menjadi lebih | |||||||||||
indah, bercahaya, dan penuh kedamaian, di kandungan cinta kepada beliau. | |||||||||||
Sedahsyat-dahsyat penghinaan tak bisa menandingi kedahsyatan dan | |||||||||||
mutlaknya kematian, padahal cinta saya kepada beliau mengatasi hidup dan | |||||||||||
mati. Dan kalau Rasulullah tidak pernah marah, bahkan bersikap lembut | |||||||||||
dan selalu memaafkan orang yang menghinanya: bagaimana mungkin orang | |||||||||||
yang mencintai Rasulullah berani melakukan yang bukan kelembutan dan | |||||||||||
permaafan? | |||||||||||
Juga titipan Allah melalui Muhammad SAW yang bernama Islam sangat | |||||||||||
memberi saya kecerdasan, kecerahan, kekuatan, dan ketenteraman --yang | |||||||||||
tak akan bisa seserpihkan dikurangi kadarnya oleh segala jenis | |||||||||||
penghinaan. Islam sangat memberi perlindungan dan sandaran. Islam | |||||||||||
sendiri tidak memerlukan saya, saya yang membutuhkan Islam. Bahkan, | |||||||||||
kalau boleh berterus terang, segala macam cercaan itu tidak berakibat | |||||||||||
apa-apa selain menambah senyuman saya dalam Islam dan memupuk cinta saya | |||||||||||
kepada Muhammad SAW. Penghinaan itu bahkan membantu dan menambahi | |||||||||||
tingkat tinggi maqam surga beliau. | |||||||||||
Adapun tentang teman-teman Denmark itu, apakah engkau tidak mempelajari | |||||||||||
sejarah mereka, alam pikiran mereka, pengalaman peradaban mereka: | |||||||||||
sehingga engkau kaget oleh jenis ekspresi mereka? Atas dasar kenyataan | |||||||||||
ke-Denmark-an yang mana dan dimensi apa pada realitas alam pandang | |||||||||||
mereka sehingga engkau mengharapkan sesuatu yang bukan seperti karikatur | |||||||||||
itu? Kenapa engkau mengharapkan ayam mengembik atau mengharuskan kambing | |||||||||||
berkokok? | |||||||||||
Pun tentang kaum muslimin yang berang, marah, naik pitam, mengamuk: | |||||||||||
kenapa engkau heran atau mengharapkan mereka tak berbuat seperti itu? | |||||||||||
Apa engkau kira mereka adalah Ali bin Abi Thalib? Berdasarkan tradisi | |||||||||||
pendidikan Islam yang mana, kebudayaan keagamaan kaum muslimin yang | |||||||||||
mana, kedewasaan, kearifan, dan kematangan kemanusiaan yang mana | |||||||||||
--sehingga engkau memprihatinkan amuck mereka? | |||||||||||
Saya tidak akan meludahi mukamu, sebab aku tidak yakin engkau akan tidak | |||||||||||
marah juga seperti itu, bahkan dendammu mungkin akan tak pernah lenyap | |||||||||||
sepanjang hidupmu. Saya juga tak akan pernah membuat karikatur | |||||||||||
menggambar wajahmu seperti kera atau tokek, karena yang amat tersinggung | |||||||||||
pasti bukan hanya engkau, melainkan juga keluargamu, familimu, orang | |||||||||||
segolonganmu, masyarakatmu, mungkin juga bangsa dan negaramu. Kalau aku | |||||||||||
meludahi wajahmu karena demikianlah kebebasan ekspresiku, maka engkau | |||||||||||
pun menempeleng kepalaku sebab demikian jugalah kebebasan ekspresimu. | |||||||||||
Kita gambar bersama-sama saja karikatur-karikatur cinta. | |||||||||||
Emha Ainun Nadjib | |||||||||||
Budayawan | |||||||||||
[Kolom, Gatra Nomor 15 Beredar Senin, 20 Februari 2006] | |||||||||||
Diposting oleh
cak_fathul
|
Read User's Comments(0)
Diposting oleh
cak_fathul
|
URUT-URUTAN MENJADI PEMIMPIN
( Tafsir Asmaul Husnah )
Urutan –urutan kalau mau jadi pemimpin itu ,syarat pertama ,” ’Aliimul ghoibi Wassyahada “ Syarat pertama bukan cinta , syarat pertama adalah kesediaan untuk mengetahui , meneliti, supaya tahu persis rakyat, baru dia punya hak untuk mencalonkan diri.
Dia tahu persis persoalannya rakyat apa, butuh apa , harus di bagaimanakan dengan
“ Ta’alimul ghoib “ dengan mencari tahu sesuatu yang hari ini dia belum tahu mudah –mudahan besok menjadi tahu . Yang namanya ghoib itu adalah yang hari ini belum tahu ,yang anda sekarang belum tahu , anda cari tahu supaya anda tahu , setelah anda tahu maka tidak menjadi ghoib lagi.
Jadi nomer satu disiplin ilmiah , disiplin ilmu pengetahuan , karena tuhan sudah tidak pernah mengajarkan apa-apa kepada manusia kecuali dengan “ Qolam “ , (pengetahuan) ” Aladzi alamal bil qolam “, tidak pernah “aladzi alamal bi syaif “ tidak pernah mengajarkan dengan pedang. Jadi kepemimpinan nomer satu itu di persyarati oleh pengetahuan tentang rakyat / yang dipimpim
Baru tumbuh rasa cinta, tak kenal maka tak sayang .Supaya sayang sama rakyat, kenal sama rakyat
“ Alimul ghibi wal syahada hurrohman nurrohim” baru cinta sayang kepada rakyat, syarat ini merupakan titik segitiga yang menjadi landasan untuk pencalonan, baru setelah
“Wallahulladzi laa ilaa huwal malik” baru jadi pemimpin .
Nanti di teruskan syarat pemimpin setelah jadi baru syaratnya ,satu “Kudus” ,”Salam”, “ Mukmin” kalau kamu lakukan empat ini ,kamu jadi pemimpin yang “ Aziz ” Dan kalau kamu lakukan terus menerus dalam jangka waktu tertentu , kau akan jadi pemimpin yang “ Jabaar” Kalau kamu melakukanya sampai sempurna , kamu akan menjadi pemimpin yang “ Muttakabir”, yang tidak ada seorangpun bisa menjatuhkan kamu , tidak ada seorangpun yang tidak menginginkan kamu untuk terus memimpin . Jadi tidak perlu pakai politicking apa-apa
“ Diambil dari bulletin Kenduri Cinta edisi Mei 2007 “
Urutan –urutan kalau mau jadi pemimpin itu ,syarat pertama ,” ’Aliimul ghoibi Wassyahada “ Syarat pertama bukan cinta , syarat pertama adalah kesediaan untuk mengetahui , meneliti, supaya tahu persis rakyat, baru dia punya hak untuk mencalonkan diri.
Dia tahu persis persoalannya rakyat apa, butuh apa , harus di bagaimanakan dengan
“ Ta’alimul ghoib “ dengan mencari tahu sesuatu yang hari ini dia belum tahu mudah –mudahan besok menjadi tahu . Yang namanya ghoib itu adalah yang hari ini belum tahu ,yang anda sekarang belum tahu , anda cari tahu supaya anda tahu , setelah anda tahu maka tidak menjadi ghoib lagi.
Jadi nomer satu disiplin ilmiah , disiplin ilmu pengetahuan , karena tuhan sudah tidak pernah mengajarkan apa-apa kepada manusia kecuali dengan “ Qolam “ , (pengetahuan) ” Aladzi alamal bil qolam “, tidak pernah “aladzi alamal bi syaif “ tidak pernah mengajarkan dengan pedang. Jadi kepemimpinan nomer satu itu di persyarati oleh pengetahuan tentang rakyat / yang dipimpim
Baru tumbuh rasa cinta, tak kenal maka tak sayang .Supaya sayang sama rakyat, kenal sama rakyat
“ Alimul ghibi wal syahada hurrohman nurrohim” baru cinta sayang kepada rakyat, syarat ini merupakan titik segitiga yang menjadi landasan untuk pencalonan, baru setelah
“Wallahulladzi laa ilaa huwal malik” baru jadi pemimpin .
Nanti di teruskan syarat pemimpin setelah jadi baru syaratnya ,satu “Kudus” ,”Salam”, “ Mukmin” kalau kamu lakukan empat ini ,kamu jadi pemimpin yang “ Aziz ” Dan kalau kamu lakukan terus menerus dalam jangka waktu tertentu , kau akan jadi pemimpin yang “ Jabaar” Kalau kamu melakukanya sampai sempurna , kamu akan menjadi pemimpin yang “ Muttakabir”, yang tidak ada seorangpun bisa menjatuhkan kamu , tidak ada seorangpun yang tidak menginginkan kamu untuk terus memimpin . Jadi tidak perlu pakai politicking apa-apa
“ Diambil dari bulletin Kenduri Cinta edisi Mei 2007 “
Diposting oleh
cak_fathul
|
4 GOLONGAN ORANG MENURUT IMAM GHOZALI
1. ORANG YANG MENGERTI DAN MENGERTI BAHWA IA MENGERTI
Itulah orang pandai, maka ikutilah
2. ORANG YANG MENGERTI TAPI TIDAK MENGERTI BAHWA IA MENGERTI
Itulah orang lalai / lupa , maka peringatilah ia
3. ORANG YANG TIDAK MENGERTI DAN IA MENGERTI BAHWA IA TIDAK MENGERTI.
Itulah orang yang sadar diri, maka ajarkanlah ia
4. ORANG YANG TIDAK MENGERTI DAN TIDAK MENGERTI BAHWA IA TIDAK MENGERTI
Itulah orang yang bodoh, maka tinggalkanlah ia.
1. ORANG YANG MENGERTI DAN MENGERTI BAHWA IA MENGERTI
Itulah orang pandai, maka ikutilah
2. ORANG YANG MENGERTI TAPI TIDAK MENGERTI BAHWA IA MENGERTI
Itulah orang lalai / lupa , maka peringatilah ia
3. ORANG YANG TIDAK MENGERTI DAN IA MENGERTI BAHWA IA TIDAK MENGERTI.
Itulah orang yang sadar diri, maka ajarkanlah ia
4. ORANG YANG TIDAK MENGERTI DAN TIDAK MENGERTI BAHWA IA TIDAK MENGERTI
Itulah orang yang bodoh, maka tinggalkanlah ia.
Diposting oleh
cak_fathul
|
Berkilo meter jalan telah dilalui
Hamparan bukit dan hutan terlewati
Terpaan angin,hujan,kabut dan panas
tak di hiraukan lagi
Alam menjadi saksi perjalanan suci
Silaturrahmi adalah tujuan kami
Dalam mengisi hidup di muka bumi
Hamparan bukit dan hutan terlewati
Terpaan angin,hujan,kabut dan panas
tak di hiraukan lagi
Alam menjadi saksi perjalanan suci
Silaturrahmi adalah tujuan kami
Dalam mengisi hidup di muka bumi
OLEH2 DARI MAS MARIO TEGUH
Diposting oleh
cak_fathul
|
KUMPULAN TIPS MOTIVASI MARIO TEGUH
Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani
KUMPULAN TIPS MOTIVASI MARIO TEGUH
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri
Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani
KUMPULAN TIPS MOTIVASI MARIO TEGUH
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri
Langganan:
Postingan (Atom)